Usai Panen, Babinsa Ramil 20/Ptb Bantu Petani Rontokkan Padi

0
5

Aceh Timur-Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 20/Pante Bidari Kopda Agus Aryanto membantu merontokkkan padi milik Bapak Zulham petani dari Poktan Tirasa, seluas 1 Ha dengan hasil 6,4 Ton, yang bertempat di Desa Matang Kruet, Kecamatan Pante Bidari, Kabupaten Aceh Timur, Sabtu (21-09-2019).

Danramil 20/Ptb Kapten Inf Wagimin melalui Kopda Agus mengatakan, dengan menggunakan mesin ini para petani yang tergabung Dalam Anggota Poktan lebih mudah dan efektif, karena padi dapat di rontokkan kemudian bisa langsung di jemur di Halaman Rumah, dimana sebelum adanya alat ini untuk gabah harus di masukkan karung terlebih dahulu kemudian di bawa ke tempat mesin penggilingan padi permanen, hal tersebut dapat menambah biaya pengeluaran dan banyak menghabiskan waktu.

Proses dalam perontokan padi merupakan hal penting dalam pasca panen, oleh sebab itu harus di lakukan dengan benar-benar, agar menghasilkan beras yang mempunyai kualitas baik dan bagus, supaya dalam penjualannya mendapatkan harga maksimal serta kehidupan maupun ekonomi petani bisa lebih meningkat di bandingkan sebelumnya, “tutur Babinsa.

Kegiatan pendampingan ini merupakan hal yang rutin di laksanakan oleh kami Babinsa, antara lain penyuluhan pertanian, sosialisasi, pemilihan bibit padi, pengolahan lahan, penaburan benih, pencabutan bibit, penanaman, pemupukan, pembersihan gulma, penyemprotan, sampai kegiatan pemanenan. Hal ini dalam rangka membantu Poktan dan Gapoktan untuk mensukseskan swasembada pangan nasional, “tandasnya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.