Sosialisasi Peningkatan Perolehan Zakat, Infak, Shodaqoh Dan Wakaf Oleh Baitul Mal Kab. Atam.

0
5

Aceh Tamiang- Kodim 0117/Atam Sosialisasi Peningkatan Perolehan Zakat, Infak, Shodaqog dan wakaf oleh Baitul Mal Kab. Aceh Tamiang bertempat di Aula Makodim 0117/Atam Jln. Lintas Medan B. Aceh Ds. Sungai Liput Kec. Kejuruan Muda Kab. Aceh Tamiang.

Sambutan Dandim 0117/Atam diwakili Pasi Pers Dim 0117/Atam
Kapten Inf Sri Indarjo, menyampaikan.”Ucapan terimakasih syukur alhamdulillah atas kedatangan dan kunjungan dari Baitul Mal Kab. Atam di Makodim 0117/Atam dalam rangka mensosialisasikan pelaksanaan Zakat, Infak dan Sodakoh (ZIS) yang benar dan sesuai dengan ajaran Agama Islam yang diterapkan diseluruh wilayah Kabupaten/Kota dalam Prov. Aceh.

,”Harapan kami kepada seluruh Tim dan rombongan dari Baitul Mal Kab. Atam dapat mensosialisasikan pelaksanaan Baitul Mal, Infak, Sodakoh serta tujuannya.

,”Kepada seluruh para Prajurit Makodim 0117/Atam diharapkan dapat dimengerti, diserap, dipahami dan dapat melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan ajaran Agama Islam.

Penyampaian dari Ka. Baitul Mal Kab. Atam Mulkan Tarida, S. Pdi, LC, M. H. I menyampaikan.”Ucapan terimakasih syukur alhamdulillah atas sambutan dan penerimaan kami seluruh tim dan rombongan dari Baitul Mal Kab. Atam di Makodim 0117/Atam.
Menyampaikan pengertian Zakat adalah sebagai Rukun Islam yang ketiga yang merupakan ajaran yang sangat strategis bagi kaum Muslimin, karena Zakat memiliki potensi yang sangat besar untuk mewujudkan kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama Muslim, ajaran Zakat memiliki dimensi yang banyak dan kompleks mulai dari ekonomi, sosial, moral hingga spiritual.

,”Sesuai Qanun Aceh No.¬†10/2007¬†tentang Baitul Mal psl 18 Ayat (1) Zakat yang wajib dibayarkan terdiri atas Zakat Fitrah, Zakat Mal dan Zakat Penghasilan, pada Ayat (2) jenis harta Mal yang wajib dikeluarkan. Emas, perak, Logam mulia lainnya. Perindustrian. Pertanian, perkebunan dan perikanan. Peternakan. Pertambangan. Pendapatan dan jasa. Rukaz (temuan).

,”8 (delapan) kelompok (asnaf) yang berhak menerima Zakat. Fakir 15,00 %. Miskin : 30,00 %. Amil 10,00 %. Muallaf : 2,50 %. Ruqab (budak) : 0,00 %. Gharim (Orang yang berhutang) : 10,00 %. Fisabilillah (untuk jalan Allah) 12,50 %. Ibnu Sabil : 20,00 %.

Manfaatnya Zakat,” Melalui Baitul Mal Lebih sesuai dengan Al-Quran dan As-Sunnah. Menjamin kepas dan kedisiplinan Muzakki membayar Zakat. Menjaga perasaan rendah diri Mustahiq apabila berhadapan langsung dengan Muzakki. Mencapai efisiensi dan efektifitas serta sasaran yang tepat dalam pendayagunaan Zakat menurut skala prioritas. Memperlihatkan syiar Islam dengan semangat Pembangunan.”Tutupnya.

Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Perolehan Zakat, Infak, Shodaqoh dan wakaf oleh Baitul Mal dilakukan adalah untuk mengetahui manfaat dan kegunaan serta tanggungjawab setiap Ummat Muslim untuk menunaikan kewajibannya.

Hadiri dalam Sosialisasi Baitul Mal. Dandim 0117/Atam diwakili Pasi Pers Kapten Inf Sri Indarjo, Para Perwira Staf Dim 0117/Atam, Para Danramil jajaran Dim 0117/Atam, Para Personil dan PNS Dim 0117/Atam, Ka. Baitul Mal Kab. Atam Mulkan Tarida Tua, S. Pdi, LC, M. H. I, Ka. Bid Pengumpulan Zakat Hadi Primanda, S. Sos, Ka. Seksi Sosialisasi Bina Umat T. Zulkarnain, SE, Ka. Seksi Pengumpulan dan pendataan Aulia Budi, Petugas Penyuluhan Lapangan (PPL) Suci Ayu, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Lenny Aprilla.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.