Kodim Agara Menerima Penyuluhan Kesehatan dari Kakesdam IM

0
3
Kutacane-Upaya penaggulangan, dan pencegahan gangguan kesehatan terutama penyakit pada jantung, sebanyak lebih dari tiga ratus orang, Prajurit dan PNS Kodim 0108/Agara menerima penyuluhan kesehatan dari Kakesdam IM Kolonel Ckm dr. Ismi Purnawan,Sp. JP(K) M.A.R.S.,FIHA di Ruang Aula Yudha Makodim 0108/Agara. Kamis (05/09)
Kegiatan sosialisasi kesehatan didampingi oleh Dandenkesyah Lhokseumawe 04.01 Letkol CKM Wawan Supandi SKM MKes, Dandim 0108/Agara Letkol Czi Noor Arif Khusaini yang diwakili oleh Kasdim 0108/Agara Mayor Inf Eduar Hendri Desky dan para Perwira Staf dan Danramil jajaran Kodim 0108/Agara.
Dalam sambutan Kakesdam IM Kolonel Ckm dr. Ismi Purnawan,Sp. JP(K) M.A.R.S.,FIHA tersebut mengucapkan terimakasih atas kehadiran para prajurit dan PNS untuk menerima sosialisasi kesehatan dari Tim Kesehatan Kodam IM.
Keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial, dan ekonomis berlangsung dalam kehidupan seluruh personel jajaran TNI Angkatan Darat khususnya Kodim 0108/Agara.
Beberapa catatan kematian terjadi pada prajurit diakibatkan karena penyakit jantung.
Penyakit jantung koroner (PJK) merupakan penyakit kardiovaskular yang lazim ditemukan, dimana pada kondisi ini terjadi penyumbatan pada pembuluh darah koroner yang memperdarahi jantung.
Secara umum, gejala penyakit kardiovaskular diantaranya  nyeri dada, sesak di dada, dada seperti tertindih atau ditekan, sesak napas, rasa sakit, mati rasa, kelemahan atau kedinginan di kaki atau lengan, jika pembuluh darah di bagian-bagian tubuh menyempit, Nyeri di leher, rahang, tenggorokan, perut bagian atas atau punggung, ujarnya Kakesdam IM.
lebih lanjut, “Namun ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit jantung, diantaranya menghentikan kebiasaan merokok, Mengendalikan kondisi kesehatan lainnya, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes, berolahraga teratur minimal 30 menit sehari, mempertahankan berat badan ideal, makan makanan yang rendah garam dan lemak jenuh serta kurangi stres”, tandasnya penjelasan Kolonel Ckm dr. Ismi Purnawan,Sp. JP(K) M.A.R.S.,FIHA depan prajurit.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.