Dandim Agara Bagikan Buku Saku Netralitas TNI Pilkada 2019

0
1

Kutacane-Untuk menjaga netralitas sebagai alat negara dari kepentingan kelompok atau golongan tertentu dalam tahapan penyelenggaraan Pilpres dan Pileg Tahun 2019, Komandan Kodim (Dandim) 0108/Agara Letkol Czi Noor Arif Khusiani membagikan buku saku Netralitas TNI kepada seluruh prajurit jajaran Kodim 0108/Agara di Lapangan Makodim 0108/Agara Kec. Babussalam Kab. Aceh Tenggara, Senin (15/04/2019).

Buku saku netraliras Pilkada itu berisi tentang perintah harian Panglima TNI dan intruksi pedoman netralitas bagaimana anggota TNI AD bersikap netral dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada.

Menurut Letkol Czi Noor Arif Khusiani saat apel pagi mengatakan, buku tersebut merupakan sebagai bentuk acuan prajurit dalam melaksanakan tugasnya di lapangan. Netralitas TNI merupakan pelaksanaan Reformasi internal TNI dan merupakan amanah dari Pasal 5 ayat (2) Tap MPR/VII/2000 tentang Peran TNI dan Polri serta Pasal 39 Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

Adapun pengertian dari netralitas TNI “Tidak berpihak, tidak ikut, atau tidak membantu salah satu pihak”. Netralitas TNI: “TNI bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis”.

Salah satu aspek dari tentara adalah tidak memihak atau mendukung salah satu pasangan paslon siapapun, tetapi tugas tentara yakni lebih mengedepankan aspek kepentingan bangsa dan negara yang lebih luas dibanding dengan sikap dukung mendukung kepentingan kelompok atau golongan,” ujarnya Dandim ingatkan kepada prajurit saat apel pagi.

Buku saku Netralitas TNI usai kegiatan apel pagi secara langsung Dandim 0108/Agara Letkol Czi Noor Arif Khusaini menyerahkan satu persatu dan dibantu perwira stafnya, Dengan harapan keamanan Kabupaten Aceh Tenggara berjalan kondusif, aman, damai dan sejuk.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.