DANDIM 0111/ BIREUEN HADIRI ACARA PEMBEKALAN DAN PENYERAHAN ANGGOTA SATLINMAS KEPADA POLRES BIREUEN UNTUK KEGIATAN PEMILU SERENTAK.

0
1
BIREUEN – Komandan Komando Distrik Militer ( Kodim ) 0111/Bireuen Letnan Kolonel Inf Amrul Huda,S.E,M.M,M.Sc. menghadiri acara pembekalan dan penyerahan Anggota Satlinmas kepada Polres Bireuen untuk kegiatan Pemilu Serentak tanggal 17 April 2019 se-Kab. Bireuen dalam rangka pembekalan para peserta Satlinmas pengaman Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu Serentak 17 April 2019 bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) Kab. Bireuen tepatnya di Desa Geulumpang Payong Kec. Jeumpa Kab. Bireuen, Minggu(14/04 ).
Kegiatan yang dihadiri lebih kurang  1.000 orang, turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Wakil Bupati Bireuen Dr. H. Muzakkar A. Gani, SE. M.Si, Kapolres Bireuen AKBP Gugun Hardi Gunawan, S.Ik, Kepala Satpol PP dan WH Kab. Bireun Jamaluddin, SP, Kabag Ops Polres Bireun AKP Awang Bayu Marantika, SH, Kabag Sumda Polres Bireuen  AKP Ikhsan,  Kasat Binmas Polres Bireun Iptu Marzuki dan Kasubag Bin Ops Polres Bireuen AKP Saleh.
Kapolres Bireuen mengatkan antara lain Anggota Satlinmas akan bertugas pengamanan di TPS pada tanggal 17 April 2019 sehingga kami berharap agar Satlinmas membantu dalam pengawasan kotak suara dan penghitungan suara,  Pada saat bertugas di TPS untuk berjaga di pintu masuk dan pintu keluar dan setelah pencoblosan selesai, para Anggota Satlinmas belum selesai tugasnya masih ada penghitungan suara Satlinmas wajib mengamankan, Anggota Satlinmas harus bekerja sama pada saat pencoblosan dan Anggota Satlinmas yang berada di pintu masuk harus mengamati dan menjaga ketertiban pada saat masyarakat yang mencoblos akan masuk ke TPS.
Disamping itu juga Dandim 0111/Bireuen mengatakan kita perlu menjaga netralitas baik TNI-Polri maupun Anggota Satlinmas, bedanya TNI-Polri tidak boleh nyoblos sedangkan Anggota Satlinmas masih memiliki hak untuk menyoblos, Tugas kita penuh dengan tantangan dan kita bertugas sampai titik darah penghabisan artinya kita bertugas sampai tahapan kegiatan Pemilu benar-benar selesai, Anggota Satlinmas adalah sebagai benteng dan pasukan khusus di desa agar senantiasa siap pakai dan mumpuni, memahami serta menguasai akan bidang tugasnya yang mulia tersebut, kalau kita niatkan Ibadah karena Allah Insyaallah menjadi ringan dan menyenangkan karena kita melaksanakannya secara ikhlas.
Dan juga Wakil Bupati Bireuen sekaligus membuka secara resmi acara pembekalan dan penyerahan Anggota Satlinmas kepada Polres Bireuen untuk kegiatan Pemilu Serentak tanggal 17 April 2019 mengatakan antara lain Seperti kita ketahui bersama bahwa pada tanggal 17 April 2019 mendatang akan dilaksanakan pesta demokrasi bagi bangsa Indonesia dan ini sejarah bagi bangsa kita untuk pertama kalinya kita akan memilih presiden serta anggota legislatif secara serentak,  Pemilihan Umum tersebut merupakan sarana demokrasi untuk mewujudkan kadaulatan rakyat dan harus diselenggarakan lebih berkualitas dengan partisipasi masyarakat yang seluas-luasnya dan dilaksanakan dalam suasana kondusif yang diwarnai dengan situasi dan kondisi yang tertib, aman dan tentram,  Suksesnya pelaksanaan Pemilu tidak hanya menjadi tanggung jawab Komisi Pemilihan Independen (KIP) Kab. Bireuen selaku penyelenggara, tetapi merupakan tanggung jawab bersama baik pemerintah maupun seluruh elemen masyarakat,  Kita bersyukur keberadaan dan kehadiran Satlinmas merupakan salah satu komponen daerah untuk mendukung kesuksesan keamanan dan ketertiban pelaksanaan Pemilu tahun 2019.
Peran Anggota Satlinmas dalam Pemilu di atur dalam peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 10 tahun 2009 tentang penugasan Satlinmas dalam penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan Pemilu, Untuk mendukung tugas pengamanan Pemilu tahun 2019 maka pada hari ini dengan resmi saya melakukan serah tenaga Satlinmas kepada Polres Bireuen, Kami mengharapkan agar setelah penyerahan ini Satlinmas dapat diberdayakan sesuai kemampuan dan kondisi dilapangan. Karena seperti yang kita ketahui Satlinmas sangat diperlukan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.