Babinsa Koramil 02/Krb Cabut Rumput Sebagai Gulma Padi.

0
5

Aceh Tamiang- Babinsa 02/Krb Kodim 0117/Atam Serda Arief Gunawan tetap mendampingi para petani tanpa mengenal lelah dalam mengelolah tanaman padi untuk membantu petani Mencabut Rumput gulma di areal persawahan milik Ibu. Risna Pok Tani Serasi bersama kapok Tani Bapak Wakijan Seluas 5 Rantai Di Desa.Pahlawan Kec.Karang Baru Kab. Aceh Tamiang. Minggu (01/09/2019)

Gulma merupakan salah satu masalah yang dapat mengganggu produktivitas tanaman. Gulma merupakan rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman yang kita budidayakan, yang kehadirannya selalu mengganggu pertumbuhan tanaman.

Serda Arief Gunawan mengatakan.
,”gulma pada tanaman padi ini biasanya berbentuk rumput yang menyerupai padi, atau sering disebut ” jawan padi,”ungkapnya.
Gulma pada tanaman harus segera ditanggulangi agar pertumbuhan tanaman bisa berjalan dengan baik.
dan apabila di biarkan maka padi yang ditanam akan lambat perkembangnya.

Bapak Wakijan kapok Tani Serasi menjelaskan,”gulma adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi dalam tanaman padi sawah. Persaingan gulma dengan padi dalam masa pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen. gulma dapat menurunkan hasil panen karena adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan padi, dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya.”jelasnya.

Ibu. Risna pemilik lahan sawah yang mendapat bantuan pendampingan pembersihan rumput di Sela Sela tanaman padi oleh Babinsa mengucapkan banyak terima kasih,berkat pak Babinsa membantu di sawah saya, kegiatan bisa terbantu sehingga kebersihan dari tanaman penggangu (gulma) bisa tercapai,”tandasnya.

Penyiangan dengan tradisional menggunakan tangan di beberapa tempat masih di gunakan walaupun cara penggunaan alat ini sudah banyak ditinggalkan karena memerlukan banyak tenaga. Mengingat cara kerjanya yang sederhana sebagian masyarakat masih tetap menggunakanya,untuk itu Babinsa Serda Arief Gunawan memotivasi dan mengajak para petani di wilayah binaannya untuk lebih rutin dalam merawat dan memelihara tanaman padi, termasuk dalam mengendalikan gulma.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.