Ba Ops Kodim 0104/Atim Sosialisasikan Senam Body Combat Kepada Personel

0
2

Langsa-Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memiliki tubuh ideal dengan cepat. Tentu saja, cara paling pas dan sehat adalah olahraga. Nah, salah satu olahraga yang sedang booming saat ini adalah body combat, ungkap Bintara Operasi Kodim 0104/Atim Serka Sulandi saat mensosialisasikan senam body combat kepada jajaran Personel Kodim 0104/Atim, yang bertempat di Makodim, Jln. Jendral Ahmad Yani, Desa Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Rabu (07-08-2019).

Lanjutnya, apa sih yang dimaksud dengan body combat? Jadi, body combat adalah olahraga yang menggabungkan gerakan berbagai macam bela diri (Martial Arts) yang dipadukan dengan musik. Ada banyak macam bela diri yang digabungkan menjadi satu dalam body combat yaitu tinju, karate, taekwondo, muay thai, dan jiujitsu.

Misalnya, jurus-jurus tinju yang muncul dalam body combat adalah ketika melakukan pukulan. Saat melakukan gerakan memukul hidung lawan, artinya arah tangan harus lurus dan lebih tinggi (straight). Gerakan memukul dagu lawan, berarti ayunan tangan bergerak dari bawah ke atas. Sementara untuk gerakan menendang diadopsi dari muay thai. Arah kaki lurus ke depan, ke samping atau mendorong ke arah belakang. Seluruh gerakan tersebut diulang hingga beberapa kali.

Gerakan-gerakan tersebut terlihat ketika Serka Sulandi memimpin senam body combat kepada para personel. Saat ia melakukan tendangan, tinjuan, dan sesekali berteriak untuk membangkitkan semangat para personel.

Menurutnya, para personel disarankan untuk tidak berhenti di tengah-tengah sesi latihan. ’’Jika itu dilakukan, heart rate mereka secara drastis berubah yang berakibat membahayakan jantung, “ujarnya.

Gerakkan body combat melibatkan seluruh bagian tubuh dari telapak tangan, lengan, perut, paha, betis, telapak kaki, hingga punggung kaki. Tak heran, body combat dapat membakar lemak sebanyak 500–700 kalori setiap sesi latihan. Hal tersebut memberi pengaruh dalam pembentukan otot secara maksimal, sehingga tubuh lebih kencang dan ramping dalam waktu singkat, “pungkas Serka Sulandi sembari memberikan contoh senam body combat kepada para personel.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.