Personel Kodim 0108/Agara Melakukan Pemeriksaan Hepatitis dan HIV

0
42
Upaya pencegahan dan penularan penyakit berbahaya hepatitis B dan HIV AIDS, jajaran personel TNI dan PNS Kodim 0108/Agara melaksanakan pemeriksaan darah dari Tim Poskes TNI 10.02 Kutacane di Ruang Aula Balai Prajurit Makodim 0108/Agara Jl. Cut Nyak Dhien Kec. Babussalam Kab. Agara yang diikuti 320 orang jajarannya, Senin (16/07).
Kutacane-Upaya pencegahan dan penularan penyakit berbahaya hepatitis B dan HIV AIDS, jajaran personel TNI dan PNS  Kodim 0108/Agara melaksanakan pemeriksaan darah dari Tim Poskes TNI 10.02 Kutacane di Ruang Aula Balai Prajurit Makodim 0108/Agara Jl. Cut Nyak Dhien Kec. Babussalam Kab. Agara yang diikuti 320 orang jajarannya, Senin (16/07).
Disela sela waktu Dandim 0108/Agara Letkol Kav Joni Hariadi, S.E,M.T.opsla yang diwakili Kasdim 0108/Agara Mayor Inf Eduar Hendri Desky menyampaikan, Cegah dini sebelum terjadi agar semua prajurit dan PNS harus melalukukan rutinitas pemeriksaan kesehatannya secara berkala sesuai dengan program yang telah ditentukan pemerintah, sehingga tugas seberat apapun kedepannya dapat terlaksana dengan baik.
Ia berharap kepada seluruh jajaran secara bergantian melakukan pengecekan kesehatannya dan apabila ada terkena gejala akan diberikan suntikan vaksin. kemudian personel yang melaksanakan dinas dalam, agar diberitahukan untuk mengikuti kegiatan ini sehingga seluruh anggota Kodim 0108/Agara  juga dapat menggunakan kesempatan program Kes ini dengan sebaik-baiknya.” terangnya.
Dalam kesempatan tersebut, dari tim Poskes TNI 10.02 Kutacane Dr. Rose Irawati yang bekerjasama dengan Denkesyah IM 04.01 Lhokseumawe menyampaikan, mengenai penyakit mulai dari, tanda-tanda pengidap serta cara mencegah dari bahaya penyakit Hepatitis yang dikenal dengan HbSAg (Hepatitis b Serum Antigen). Selain memberikan penyuluhan tentang penyakit juga melaksanakan pecengecekan darah. Kegiatan ini bertujuan  agar kita dapat mencapai tujuan hidup sehat dengan cara mempengaruhi perilaku setiap anggota dengan menyampaikan pesan kesehatan sehingga diharapkan dengan kegiatan ini mereka sadar akan pentingnya arti kesehatan untuk hidup sehat.
Lebih lanjut bahwa Hepatitis B adalah infeksi serius pada hati yang disebabkan oleh virus. Hepatitis B bisa menyebabkan kondisi akut dan kronis pada pasien. Jika sudah memasuki level kronis, penyakit ini bisa membahayakan nyawa penderitanya. Jika tidak segera ditangani, pendertia hepatitis B kronis berisiko terkena sirosis, kanker hati, atau gagal hati.
kemudian apabila ada seseorang yang terkena HIV akan mengalami tiga tahap infeksi,  Tahap paling awal infeksi HIV biasa disebut dengan infeksi akut atau serokonversi, biasanya terjadi dalam rentang waktu 2-6 minggu setelah terpapar. Dalam tahap ini, sistem kekebalan tubuh akan berjuang untuk menaklukkan virus HIV. untuk itu program kesehatan Angkatan Darat (AD) yang bertujuan agar para prajurit TNI-AD, terhindar dari penyakit Hepatitis maupun HIV. ” paparnya.
Kegiatan di awali dengan pengambilan sempel darah dan dilanjutkan konsultasi personel dan PNS Kodim 0108/Agara kepada Dr. Rose Irawati dari tim Poskes TNI 10.02 Kutacane.(Penrem 011)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.