“DANRAMIL 23/LGST TURUT RAMAIKAN PEMBUKAAN MTQ KE-IX DI LANGSA TIMUR”

0
59

Langsa-Komandan Koramil 23/Langsa Timur Kapten Inf M. Kaoy turut ramaikan pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-IX yang diselenggarakan untuk tingkat Kecamatan Langsa Timur resmi yang dibuka oleh Camat Langsa Timur, Hendri Soenandar SSTP, M,Si melalui pemukulan beduq, bertempat dihalaman TK pembina desa Sukarejo, Senin (11-09-2018) malam tadi.

Dalam laporannya, ketua panitia pelaksana MTQ, Koko Hendrawansyah S, STP, M.SP menyampaikan bahwa MTQ ke-IX akan dilaksanakan selama empat (4) hari yang ikuti oleh 228 orang peserta terdiri dari 119 orang qari dan 109 qari’ah yang akan mengikuti delapan (8) cabang MTQ yang di musabaqahkan.

Adapun tujuan dilaksanakannya MTQ ini guna untuk menguji kemampuan peserta dalam membaca, menghafal, menulis dan menafsirkan isi kandungan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang baik dan benar, dan juga untuk menyiapkan peserta MTQ kecamatan Langsa Timur dalam rangka mengahadapi MTQ tingkat Kota Langsa dan MTQ tingkat propinsi Aceh ke-XXXIV yang akan berlangsung di Kabupaten Pidie pada Tahun 2019 mendatang.

Sementara, sebut Koko, untuk lokasi arena diantara arena I berada di TK pembina, arena II dibalai desa Sukarejo dan arena III di Tempat Pengajian Al-Qur’an Jamiul Taqwa, tandasnya.

Sementara Camat Langsa Timur, Hendri Soenandar S.STP, M,Si dalam kata sambutannya mengatakan berkat kesiapan dari Geuchik dan kekompakkan dari seluruh perangkat Gampong Sukarejo yang terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara MTQ ke-IX, Insyallah akan menjadi tuan rumah yang baik, sukses dan selalu dalam Ridha Allah SWT.

Berkaitan dengan upaya mewujudkan manusia Indonesia yang seimbang antara materil dan spiritual, peranan Al-Qur’an sangat mendasar sebagai standar kehidupan masyarakat muslim sebab keberadaan Al-Qur’an ditengah-tengah kehidupan umat Islam bukanlah semata-mata untuk dibaca tetapi juga harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, imbuhnya.

Kita patut bersyukur dan berbangga diri karena mempunyai kitab suci Al-Qur’an yang lengkap dan terpelihara keasliannya serta nilai kebenarannya hingga akhir zaman pasalnya Al-Qur’an adalah petunjuk dan hidayah Ilahi yang diturunkan kedunia ini melalui malaikat Jibril, dengan berbagai proses dan tahapan-tahapannya juga dengan berbagai keunikan dan keutamaan itu semua agar menjadi pedoman bagi umat Islam diseluruh penjuru dunia”, ujar Camat.

Menurutnya, tiada bacaan yang sangat terindah seperti Al-Qur’an yang diatur sedemikian rupa keindahan dan tata cara membacanya diantaranya mana yang harus dipanjangkan dan dipendekkan bacaannya, mana yang harus dibaca tebal dan halus, dimana tempat yang boleh dan terlarang untuk mulai dan berhenti bahkan di atur sampai tajwid, Fashahah, lagu dan irama hingga pada etika membacanya.

Mempelajari dengan sungguh-sungguh makna yang terkandung dalam Al-Qur’an, baik yang tersirat maupun tersurat merupakan suatu mukjizat yang sangat luar biasa bagi kita umat Islam karena Al-Qur’an diturunkan untuk mengadakan perubahan, pembaruan dan kemulian bagi kehidupan masyarakat kita, jelas Camat Lagi.

Karena itu, Sambungnya, kami mengajak seluruh elemen masyarakat yang ada dalam wilayah kecamatan Langsa Timur untuk sama-sama kita mempelajari dan membumikan Al-Qur’an ditengah-tengah keluarga kita masing-masing serta mari kita mendidik putra-putri kita menjadi generasi yang Qur’ani dengan menanamkan akidah Islamiah ke dalam setiap jiwanya dan bila ini mau kita lakukkan maka Insyallalh perbuatan yang kita lakukan akan di ridhai Allah SWT dan akan menjadi kelompok umat yang Khairu Ummah serta pandai bersyukur atas nikmat yang di anugrahkan Allah SWT dalam setiap kita bersujud, bersyukur memohon kepada Allah SWT.

Kitab suci Al-Qur’an adalah kalam Allah yang diturunkan untuk menjadi tuntunan dan pegangan bagi kita umat agar memperoleh kebahagian di dunia maupun di akhirat kelak. Al-Qur’an selain berisi nilai-nilai keimanan, Al-Qur’an juga mengandung sumber ilmu pengetahuan yang ditentukan bagi kita umat manusia dalam mempelajari kisah-kisah sejarah, falsafah hidup, kemulian, ketauladanan serta pesan-pesan moral yang luhur karena Al-Qur’an selalu memberikan pencerahan dan keteduhan bagi siapa saja yang membacanya.

Karena itu, kata Camat, bagi seorang mukmin sikap optimis dalam mencapai sebuah keberhasilan adalah sangat penting dan tidak boleh kehilangan harapan. Hal itu sebagai pendorong untuk kita agar lebih berhati-hati dalam menjalani hidup karena pesan Al-Qur’an melarang kita untuk berputus asa terhadap rahmat Allah SWT, Al-Qur’an selalu memberi kabar gembira bahwa dibalik kesukaran akan ada kemudahan-kemudahan.

Kepada seluruh masyarakat dalam wilayah Kecamatan Langsa Timur, marilah dengan diselenggarakan MTQ ini kita temukan rasa cinta kepada Al-Qur’an dan kesadaran untuk menjadikan Al-Qur’an dan Sunnah Nabi sebagai jalan hidup untuk meraih kehidupan yang bermoral, sejatera dan bermatabat”, harap Camat di akhir penutupan kata sambutannya.

Disela-sela acara tersebut Danramil 23/Lgst juga mengatakan, saya sangat mendukung acara MTQ ini, karena sangat bagus untuk mengembangkan bakat para pemuda dan pemudi Kota langsa khususnya Kecamatan Langsa Timur. Dan kami siap untuk memberikan ketentraman dan keamanan sampai akhir acara ini selesai, pungkasnya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.