“BABINSA 01/SBJ BANTU PETANI TANAM JAGUNG GUNA CIPTAKAN KEHARMONISAN KEPADA WARGANYA”

0
51

Aceh Timur-Babinsa Koramil 01/Serbajadi Kodim 0104/Aceh Timur Serka Fahri Solikhin melakukan mendampingi sekaligus mambantu petani binaannya menanam jagung bersama Kelompok Tani Musara Tani, guna menunjang program yang dicanangkan Pemerintah tentang Swasembada Pangan Nasional bertempat di Desa Alur Duren, Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur, Senin (10-09-2018).

Danramil 01/Sbj Lettu Inf Andre Haryono melalui Serka Fahri mengatakan kepada petani binaannya untuk menghasilkan tanaman jagung yang subur itu lahan tanam atau kebun harus digemburkan terlebih dahulu. Penggemburan dapat dilakukan dengan cangkul atau dibajak. Setelah itu dapat diberi dengan pupuk kandang atau kompos, terangnya.

Ia menambahkan, penanaman jagung dilakukan dengan membuat lubang-lubang menggunakan kayu yang ujungnya diruncingkan.

Sedangkan untuk penanaman dilakukan dengan ukuran 70 x 20, dengan maksud 70 cm adalah jarak antar baris dan 20 cm jarak antar tanaman jagung, guna saat nanti jagung sudah mulai tumbuh dan besar tidak terlalu rapat sehingga bisa untuk dilewati saat perawatan, ungkapnya.

Untuk kedalaman lubang 3-5 cm masukkan bibit 1-2 biji setiap lobang dan tutup dengan menggunakan tanah disekitar lobang, guna saat kerendam air, bibit yang sudah kita masukkan tidak lari dari lobangnya atau terbuang sia-sia.

Danramil 01/Sbj pun berharap, program upsus pajale yang berada di wilayah dikerjanya bersama-sama dengan pendampingan babinsa supaya program swasembada pangan ini berhasil, pungkasnya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.