Artikel

Profesi Sebagai Seorang Prajurit TNI

Profesi sebagai seorang prajurit TNI adalah suatu pilihan,tugas suci,kebanggaan dan suatu  kehormatan, karena  sebagai penjaga kedaulatan Bangsa Indonesia.  Setiap prajurit TNI senantiasa siap sedia mengorbankan jiwa dan raga untuk Bangsa dan Negara dan senantiasa di landasi dengan ikhlas dan rela berkorban,tidak kenal menyerah mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi dan golongan.

Kehormatan itu akan tetap terpelihara dengan baik apabila disertai keinginan untuk berbuat yang terbaik. Dalam melaksanakan tugasnya TNI memiliki jati diri sebagai tentara rakyat, yaitu tentara yang berasalnya dari warga negara indonesia yang dalam berjuang menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan tak kenal menyerah dalam melaksanakan tugasnya.  Sebagai Tentara Nasional TNI lahir pertama-tama sebagai pejuang dan kemudian sebagai prajurit, TNI berasal dari rakyat dan selalu manunggal dengan rakyat.  TNI bertekad untuk hidup dan mati demi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagai tentara profesional TNI selalu terlatih, terdidik tanggap tanggon trengginas  dan siap dibutuhkan setiap saat apabila negara membutuhkan. Profesionalisme TNI dibangun dengan mengutamakan ketrampilan dan keahlian perorangan dalam olah keprajuritan serta pengembangan wawasan ilmu pengetahuan. Menjadi seorang Tentara yang profesional adalah tentara yang berprofesi sebagai alat pertahanan Negara,bukan alat politik dan bukan alat kekuasaan,Pungsi dan tugas Tentara hanya lah berfokus pada soal-soal pertahanan Negara.

Menjadi tentara profesional bukan berarti menjadi tentara bayaran atau sebagai becking di luar formasi ketentaraan dengan dalih jual jasa security itu sama saja penghianatan kepada negara sudah digaji oleh negara tapi malah jadi becking diluar kepentingan negara. Menjadi profesional berarti bangga, cinta hormat akan profesinya.Dengan demikian maka ia akan selalu berupaya meraih kesuksesan dalam bertugas. Pada masa damai, urusan TNI adalah berlatih mengasah diri dibidangnya masing-masing.

Apabila Negara dalam keadaan perang, tugas TNI adalah perang melawan musuh untuk mempertahankan integritas negara. TNI adalah sebagai tentara pejuang sebagai tentara rakyat bertekad  mengabdi hanya untuk Bangsa dan Negara bukan mengabdi kepada perusahaan swasta atau perusahaan asing. “Disiplin adalah napasku Kesetiaan adalah kebanggaanku Kehormatan segala-galanya”. nas 10032016